Gambaran Kualitas Lingkungan Sekolah Dasar di Desa Dalegan, Gresik
DOI:
https://doi.org/10.36568/hisan.v4i1.86Keywords:
Sekolah Dasar, Kesehatan lingkungan, Kualitas Lingkungan, Faktor resikoAbstract
Kesehatan lingkungan sekolah adalah aspek penting yang berpengaruh langsung terhadap kesejahteraan dan prestasi akademik siswa. Lingkungan yang sehat, bersih, dan aman tidak hanya mendukung proses belajar mengajar, tetapi juga melindungi siswa dari berbagai risiko kesehatan yang dapat mempengaruhi perkembangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kesehatan lingkungan Sekolah Dasar Negeri di Desa Dalegan Tahun 2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional. Variabel penelitian berupa variabel lokasi bangunan, konstruksi bangunan, ruang bangunan, fasilitas sanitasi sekolah, dan halaman sekolah. Analisis data menggunakan tabel. Hasil dari penelitian menyatakan kesehatan lingkungan Sekolah Dasar Negeri di Desa Dalegan dengan variabel lokasi bangunan termasuk kategori baik yaitu 66,66%, konstruksi bangunan dan ruang bangunan termasuk kategori kurang yaitu 33,33%, fasilitas sanitasi termasuk kategori cukup yaitu 66,66%, dan halaman sekolah pada tiga SDN di Desa Dalegan termasuk kategori cukup denan persentase 100%. Kesimpulan dari hasil penelitian kesehatan lingkungan Sekolah Dasar Negeri di Desa Dalegan Tahun 2024 termasuk dalam kategori cukup. Saran dari penelitian ini yaitu bagi pihak sekolah dan petugas puskesmas melakukan monitoring bersama terkait kesehatan lingkungan sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irtifaun Nisa’, Rusmiati, Imam Thohari, Demes Nurmayanti, Rachmaniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.